Hino Logo www.hino.co.id |
1. W04D series 4.005 cc (EURO 2)
2. J08E series 7.684 cc (EURO 3)
3. P11C series 10.520 cc (EURO 3)
4. J08C CNG series 7.985 cc (EURO 5)
Berikut spesifikasi keempat mesin tersebut :
1. W04D series EURO 2
mesin 4 silinder yang diciptakan oleh Hino untuk perangkat pembangkit tenaga pada varian Hino Dutro. Mesin ini hanya terdapat 1 jenis yaitu varian mesin konvensional. Namun pada dasarnya ada 2 varian mesin, yaitu :
a. W04D-TC 110 ps
Mesin W04D-TC arsip mesin Hino www.hino.co.id |
Mesin kecil 4 silinder yang bertenaga 110 ps / torsi 29 kgm dan isi silinder 4.005 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.300 rpm akan memunculkan tenaga 110 ps dan torsi 29 kgm pada putaran 1.400 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 2. Mesin ini terpasang pada varian Dutro 110 ps.
b. W04D-TN 130 ps
Mesin tipe W04D-TN 130 ps / 37 kgm arsip mesin Hino www.hino.co.id |
Mesin kecil 4 silinder yang bertenaga 130 ps / torsi 37 kgm dan isi silinder 4.005 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.300 rpm akan memunculkan tenaga 110 ps dan torsi 29 kgm pada putaran 1.400 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 2. Mesin ini terpasang pada varian Dutro 130 ps dan juga ada pada varian Hino Bus FB 130
2. J08E series (EURO 3)
Mesin 6 silinder yang diciptakan oleh Hino untuk perangkat pembangkit tenaga pada varian Hino Truck Ranger dan Hino Bus. Mesin Ini terdiri dari 2 jenis, yaitu mesin Konvensional dan mesin Common Rail. Mesin ini terdapat beberapa varian, yaitu :
- Mesin Konvensional
a. J08E UH 215 ps
Mesin J08E-UH 215 ps / 62 kgm www.hino.co.id |
Mesin medium 6 silinder yang bertenaga 215 ps / torsi 62 kgm dan isi silinder 7.684 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 215 ps dan torsi 62 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 3. Mesin ini terpasang pada varian Hino Ranger FG 215 TI dan juga ada pada varian Hino Bus A215.
b. J08E-UG 235 ps
Mesin J08E-UG 235 ps / 72 kgm www.hino.co.id |
Mesin medium 6 silinder yang bertenaga 235 ps / torsi 72 kgm dan isi silinder 7.684 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 235 ps dan torsi 72 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 3. Mesin ini terpasang pada varian Hino Ranger FG 235 TI dan FL 235 TI. Juga ada pada varian Hino Bus R series R235.
c. J08E-UF 260 ps
Mesin J08E-UF 260 ps / 76 kgm www.hino.co.id |
Mesin medium 6 silinder yang bertenaga 260 ps / torsi 76 kgm dan isi silinder 7.684 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 260 ps dan torsi 76 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 3. Mesin ini terpasang pada varian Hino Ranger FG 260 TI, FL 260 TI dan FM 260 TI. Juga ada pada varian Hino Bus R series R260.
- Mesin Common Rail
a. J08E-VU 240 ps Common Rail
Mesin J08E-VU Common Rail 240 ps / 74 kgm www.hino.co.id |
Mesin medium 6 silinder Common Rail yang bertenaga 240 ps / torsi 74 kgm dan isi silinder 7.684 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan perangkat Common Rail Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 240 ps dan torsi 74 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 3. Mesin ini terpasang pada varian Hino Ranger FG 240 TI.
b. J08E-VT 285 ps Common Rail
Mesin J08E-VT Common Rail 285 ps / 91 kgm www.hino.co.id |
Mesin medium 6 silinder Common Rail yang bertenaga 285 ps / torsi 91 kgm dan isi silinder 7.684 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 285 ps dan torsi 91 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 3. Mesin ini terpasang pada varian Hino Ranger FM 285 TI dump truk dan FM 285 JW, juga ada pada Hino Bus Air Suspension Series RN 285.
3. P11C series (Euro 3)
Mesin 6 silinder yang diciptakan oleh Hino untuk perangkat pembangkit tenaga pada varian Hino Truck Ranger. Mesin Ini terdiri dari 1 jenis saja, yaitu mesin Konvensional. Mesin ini terdapat 1 varian saja, yaitu :
a. P11C-UB 320 ps
Mesin P11C-UB 320 ps / 115 kgm sumber : Brosur Ranger FM 320 TI Dump Truck |
Mesin medium 6 silinder yang bertenaga 320 ps / torsi 115 kgm dan isi silinder 10.520 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin tipe Diesel 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 320 ps dan torsi 115 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 3. Mesin ini hanya terpasang pada varian Hino Ranger FM 320 TI dump truck dan Tractor Head FM 320 TI.
4. J08C series CNG Engine (Euro 5)
Mesin 6 silinder yang diciptakan oleh Hino menggunakan Teknologi Tinggi Berbahan Bakar Gas. Mesin Ini terdiri dari 1 jenis saja, yaitu mesin Konvensional. Mesin ini terdapat 1 varian saja, yaitu :
a. J08C-VC CNG Engine
Mesin J08C-VC CNG Engine 260 ps / 76 kgm www.hino.co.id |
Mesin medium 6 silinder yang bertenaga 260 ps / torsi 76 kgm dan isi silinder 7.985 cc membuat mesin ini bertenaga. Mesin ini menggunakan Teknologi Tinggi dan Berbahan Bakar Gas, tipe CNG 4 stroke, in-line, dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler membuat mesin ini semakin bertenaga namun hemat bahan bakar. Mesin dengan rotasi 2.500 rpm akan memunculkan tenaga 260 ps dan torsi 76 kgm pada putaran 1.500 rpm. Mesin kecil yang bertenaga dan ekonomis, handal, irit solar dan ramah lingkungan, sudah terdaftar di Euro 5. Mesin ini hanya terpasang pada varian Bus CNG dengan dipasangkan Transmisi Otomatik 5 tingkat percepatan.
Selamat Membaca
Tidak ada komentar:
Posting Komentar