Sabtu, 21 Juni 2014

Macam-macam produk Karoseri Tentrem Malang


Logo Karoseri Tentrem
www.tentrembus.com

Belakangan ini muncul body terbaru dari Tentrem yang dikenal unik dan garang. Dari pengamatan yang saya lakukan, ada sekitar 4 body baru yang tergolong langka dan unik dari Karoseri Tentrem. Sisanya merupakan body lama yang masih eksis hingga saat ini, kali ini saya akan merangkum beberapa body dari Karoseri Tentrem dan jenis-jenis body yang dibuat dari Karoseri Ternama di Indonesia ini.

1. MAX (2014)
MAX by Tentrem
Google Photos

Bus keluaran Karoseri Tentrem yang terbaru ini memang tiada abisnya. Body bus baru yang menggunakan sistem LED Headlamp dan LED Stoplamp ini merupakan yang terbaru. Desain yang Aerodinamis dan lampu yang sipit membuat body ini terkenal, padahal baru dilaunching saat Jambore Nasional Bismania Community 17 Mei 2014 silam. Pasca Jamnas ini Tentrem mendeklarasikan body terbarunya yg dinamakan "MAX" merupakan hasil perpaduan antaran ScorpionX, Actor, New Magnetto by Karoseri New Armada, dan All New Legacy Sky SR-1 by Karoseri Laksana. Selendang baru dengan "Reflector Technology" yang bisa memantulkan cahaya pada malam hari memberikan kesan mewah pada bus ini. Namun sayang, bus ini hanya diperuntukkan untuk chassis bus mesin depan layaknya Hino AK 215, tapi dengan desain baru bersuspensi udara atau Air Suspension.

2. ScorpionX (2013)
ScorpionX by Tentrem at Malino Putra Pariwisata
photos by : Muhammad Adhie Sullivansyah

Body kedua yg terbaru, diluncurkan thn 2013 silam dan diberi nama "ScorpionX" yang merupakan perpaduan dari beberapa body bus dari Luar Negeri, termasuk mengadopsi sistem Headlamp "Marcopolo Paradiso G7" asal Brazil. Ini lain hal untuk Rear Lamp yang menggunakan Rear Lamp "Scania Touring". Body ScorpionX memang sangatlah menawan, apalagi jika body ini dipasang pada chassis Mercedes-Benz, sungguh sangatlah mewah. Bus pertama pemakai body ini ialah PO. Harapan Jaya, dengan 3 chassis berbeda, yaitu HINO RN 285 Air Suspension, SCANIA K360 IB Air Suspension, dan Mercedes-Benz OC 500 RF 1836 atau yang dikenal sebagai Mercedes-Benz O500R 1836. Body ini juga mengadopsi sistem Grill belakang yang lebar layaknya Actor. Bus ini banyak dijumpai lantaran harga body yang bersaing ...

3. Actor (2012)

Actor by Tentrem at PO. Tentrem
photos by : Muhammad Adhie Sullivansyah

Body ketiga yang eksis saat ini ialah "Actor". Body perpaduan antara Scania Touring dan Toyota Vellfire sungguh menawan. Antara body ini sangat mirip dengan sedan, bus tahun 2012 yang hampir seluruhnya mengadopsi sistem Scania Touring yang didesain sebaik mungkin, Grill depan yang mengadopsi Grill Toyota Vellfire yang garang dan lebar membuat body bus ini sangat diincar. Tak hanya itu, bagian belakang body ini juga bagus, mengadopsi stoplamp Toyota Vellfire, namun ditengah-tengah stoplamp terdapat tulisan "Actor". Body ini bisa didesain non AC dan menggunakan AC seperti foto diatas tdk menggunakan AC. Body ini nampak lebih gagah lantaran menggunakan spion tanduk dan LED Lamp pada bagian Rear Lamp.

4. Scorpion King (2010)

HAFANA Scorpion King
photos by : Adam Badhawi 
Body Scorpion King merupakan body lainnya yang paling banyak dipakai oleh semua perusahaan otobus. Body ini pertama kali dibuat Karoseri Tentrem 4 tahun lalu karena ide dan pencetus dari seorang owner po. Harapan Jaya. Body ini memang terlihat seperti Scania Touring lantaran 90% desainnya mirip dengan Scania Touring. Tentrem kemudian mendesain body menjadi nama "Scorpion King". Awalnya body ini dipakai duluan oleh po. Harapan Jaya dengan chassis bus Scania K380IB Air Suspension, seiring dengan perkembangan, body ini mulai dikenal. Desain interior yang indah membuat body ini menjadi daya tarik tersendiri karena bus terlihat garang dan menawan, serta terlihat mewah pada malam hari lantaran adanya lampu kolong yang menghiasi bagian bawah bumper belakang.

5. Jupiter Li (2007
Jupiter Li by Tentrem
BIMO Pariwisata
photos by : Candra Pradana Pamula

Body lainnya yang diproduksi juga oleh karoseri ini ialah Jupiter Li. Sekilas memang modelnya mirip dengan New Marcopolo buatan Karoseri Besar Adiputro, namun, disisi lainnya, body ini berbeda dari buatan adiputro. Headlamp dan Rearlamp sama, namun Jupiter Li punya kreasi tersendirinya lho! Body ini ternyata tidak satu model, tetapi body ini juga mengeluarkan model baru dengan nama "Jupiter AirS", yaitu dengan tambahan Air Suspension pada busnya menjadikan nama sebagai Jupiter AirS. Body bus ini dimasanya sangatlah dicari, namun hingga saat ini masihlah banyak pengguna dari Jupiter ini karena seluruhnya tidak didesain sbg New Marco buatan Adiputro, sisanya merupakan desain ulang yang dilakukan oleh Tentrem.

6. Galaxy EXL (2006)

Galaxy EXL by Tentrem at Patas Jatim Harapan Jaya
Google Photos 
Body lainnya yang diproduksi lama sejak dulu oleh Tentrem ialah body Galaxy. Hampir seluruh seluk beluknya mirip dengan Scorpion King, dimulai dari lampu dan punuk, namun bagian belakang mirip dengan Laksana Proteus dari Karoseri Laksana. Seluk beluknya hampir mirip kakaknya New Inspiro pada bagian selendang yang condong kebawah bentuknya. Body ini body pilihan lainnya setelah Jupiter Li, namun Tentrem sepertinya mendesain ulang body ini, mereka menambahkan Air Suspension pada body ini jadi nama "Galaxy AirS" yang merupakan body kedua dari EXL. Sungguh sangat kreatif.

7. New Inspiro (2005)
New Inspiro by Tentrem at Bumel Tentrem
photos by : Muhammad Adhie Sullivansyah
Body lainnya yang tak kalah tenar ialah New Inspiro, ini body memang kurang terkenal lantaran tidak terlalu garang. Body ini dibuat untuk bus mesin belakang karena grill yang lebar, namun kebanyakan dibuat grill depan jadi body ini bisa berfungsi dua arah. Meskipun tidak menarik, tetapi body ini bisa menjadi pilihan.


Selamat Membaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar