Mungkin ini bisa menjadi cara yang terbaik
untuk melihat posisi intake di bus, baik Big Bus maupun Medium Bus juga
termasuk susah untuk membedakannya.
Ini adalah informasi tentang posisi Air
Filter Intake atau yang dikenal dengan Filter penghisap udara dari luar.
Kebanyakan orang menyebutnya sebagai "hidung" dari kendaraan, baik
kendaraan bermotor dengan mesin silinder 1 dan 2, mobil dengan silinder 2, 3,
4, truk dan bus dengan silinder 4, 6, 8, 10, dan mesin yang dimiliki oleh
Lamborghini Advenator yang memiliki mesin dengan jumlah silinder 12 dgn formasi
V / V12.
Air Intake atau Hidung ini memiliki peranan
penting dalam mesin, baik mesin sistem konvensional, maupun injeksi, hampir
seluruhnya menggunakan filter ini. Filter ini berfungsi untuk menghisap dan
menyaring udara dari luar, biasanya didalam filter terdapat saringan atau jala
yang terbuat dari serat karbon, fungsinya untuk menahan kotoran yang masuk ke
mesin saat proses injeksi berlangsung. Kali ini yang dibahas merupakan posisi
atau letaknya, karena penasaran dengan beberapa letaknya, serta meluruskan
sesuai kemampuan. Ini penulis (saya) tidak bermaksud menggurui atau mengajari,
tetapi hanya membagikan sebuah pendapat saja.
Posisi
Air Intake Microbus.
posisi di micro garis kuning HINO DUTRO MDBL |
Posisinya jarang terlihat, tetapi jika
diteliti lebih lanjut, posisi air intake nya lebih terlihat. Untuk Air Intake
miliknya Dutro Bus MDBL itu sebelah kanan belakang sopir, juga miliknya Isuzu
ELF Microbus juga sama dengan posisi air intake menghadap kebelakang dan hidung
terletak naik keatas agak menyamping. Bentuknya seperti intake milik truk Dutro
110 LD, dan SD series. Perawatannya lumayan mudah karena aplikasinya tidak
seberapa rumit. Perawatan cukup dengan membersihkan filter yang terdapat di intake,
untuk Hino, biasanya terdapat 2 filter saringan yang diletakkan secara jangkap
atau didobel.
Posisi
Intake di Medium Bus.
Penggemar bis sekarang memilih-milih bus.
Padahal bus dari berukuran microbus, medium bus, big bus, dan big bus maxi itu
semua dari keluarga bus. Bus kecil atau bus tanggung yang biasa disebut medium
memiliki letak mesin di atas rangka panel roda depan dan berposisi di samping
kiri bagian belakang sopir. Posisi letak Intake nya tiap merk bus berbeda
lokasi, Mitsubishi FE 84G BC memiliki posisi intake tepat persis di belakang
sopir (dibelakangnya roda depan) atau sebelah kanan yang memiliki bekal mesin
136 ps dan bentuk intake mirip dengan series Mitsubishi Colt Diesel Canter
truk. Hino FB 130 terdapat di bagian kiri mesin dibelakang ban depan atau
persis kata dibagian kiri (mirip dengan bus eropa). Sedangkan Isuzu NQR77
posisi intake nya terdapat di kanan, sedang Isuzu GIGA FRR 190Q ukuran tanggung
posisi intake nya sama dengan NQR yang berada di kanan.
Posisi
intake di Big Bus.
Intake di Big Bus ada 2 sisi.
Intake
Kanan.
posisi di Hino AK Hino A215 MAX by Tentrem |
Posisi intake Hino R260 |
Intake kanan biasanya dimiliki oleh bus
pabrikan Jepang, seperti Hino. Kadangkala pabrikan Eropa (Germany) spt
Mercedes-Benz. Letaknya pun sama, hanyasaja produk Hino menampilkan produk
mesin depan. Letaknya jika belum menggunakan body, letak intake A215 berada di
belakang sopir dan terletak tinggi menghadap ke samping menjorok sedikit
kekanan untuk memudahkan perawatan. Sedangkan mesin belakang ada RK dan RN,
untuk apa juga harus berdebat kalo tipenya didepan mata itu benar. Jika melihat
RK, melihatnya dengan melihat posisi intake, kemudian lanjutkan menuju velg
roda, jika velg menunjukkan 8 baut, ada kemungkinan itu RG, dan RK dengan
posisi Overhang panjang kedepan. Sedangkan melihat RN gak harus mengolong ke bawah,
cukup lihat velg, panjang overhang, dan posisi intake dikanan.
Untuk Mercy seri lawas pun masih sama.
Mercedes-Benz OH 1518, OH 1521 Intercooler, OH 1525 memiliki intake yang berada
di kanan. Posisinya terlihat di kiri, namun ujung dari intake nya ternyata
diletakkan di kanan.
Intake
Kiri.
posisi intake Mercedes-Benz OH 1526 |
Mercedes-Benz OH 1526 |
Intake kiri biasanya dimiliki oleh bus
pabrikan Eropa, seperti Scania, Volvo, MAN, dan Mercedes-Benz. Untuk Scania
K-series, sejauh ini hanya ditemukan intake kiri. Untuk Volvo, dan MAN belum
ada jawaban. Untuk Mercedes-Benz, seri OH 1526, OH 1626, OH 1830, OC500RF
(O500R) 1836, dan OC500RF 2542 itu intake kanan. Saat ini yang cuma terdeteksi
hanya OH 1526 dan OH 1626 yang nyata berada di kiri letaknya, sedangkan seri
diatasnya susah untuk melihat posisi intake nya karena letaknya mungkin
berbeda.
Tips : (Mercedes-Benz OC500RF 1836).
Untuk Mercedes-Benz series 1836, itu kode
bus bukan OH, tetapi masuk di keluarga OC500RF. Untuk penamaannya sendiri di
Indonesia masih banyak pertanyaan, apakah O500R, atau OC500RF. Dari beberapa
data yang dihimpun, series O500R itu merupakan bus chassis Mercedes-Benz buatan
Brazil, namun ternyata di Brazil sendiri menggunakan kode sama dari Germany,
yaitu OC500RF.
Jadi boleh dikatakan O500R, atau OC500RF,
karena masih masuk keluarga OC500RF.
Sekian.
Selamat
Membaca.....
Arti dari OC 500 RF itu sendiri apa min?
BalasHapus