Jumat, 21 November 2014

Cara Membedakan Bus Dari Posisi Air Intake.

Mungkin ini bisa menjadi cara yang terbaik untuk melihat posisi intake di bus, baik Big Bus maupun Medium Bus juga termasuk susah untuk membedakannya.
Ini adalah informasi tentang posisi Air Filter Intake atau yang dikenal dengan Filter penghisap udara dari luar. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai "hidung" dari kendaraan, baik kendaraan bermotor dengan mesin silinder 1 dan 2, mobil dengan silinder 2, 3, 4, truk dan bus dengan silinder 4, 6, 8, 10, dan mesin yang dimiliki oleh Lamborghini Advenator yang memiliki mesin dengan jumlah silinder 12 dgn formasi V / V12.

Air Intake atau Hidung ini memiliki peranan penting dalam mesin, baik mesin sistem konvensional, maupun injeksi, hampir seluruhnya menggunakan filter ini. Filter ini berfungsi untuk menghisap dan menyaring udara dari luar, biasanya didalam filter terdapat saringan atau jala yang terbuat dari serat karbon, fungsinya untuk menahan kotoran yang masuk ke mesin saat proses injeksi berlangsung. Kali ini yang dibahas merupakan posisi atau letaknya, karena penasaran dengan beberapa letaknya, serta meluruskan sesuai kemampuan. Ini penulis (saya) tidak bermaksud menggurui atau mengajari, tetapi hanya membagikan sebuah pendapat saja.

Posisi Air Intake Microbus.

posisi di micro
garis kuning
HINO DUTRO MDBL

Posisinya jarang terlihat, tetapi jika diteliti lebih lanjut, posisi air intake nya lebih terlihat. Untuk Air Intake miliknya Dutro Bus MDBL itu sebelah kanan belakang sopir, juga miliknya Isuzu ELF Microbus juga sama dengan posisi air intake menghadap kebelakang dan hidung terletak naik keatas agak menyamping. Bentuknya seperti intake milik truk Dutro 110 LD, dan SD series. Perawatannya lumayan mudah karena aplikasinya tidak seberapa rumit. Perawatan cukup dengan membersihkan filter yang terdapat di intake, untuk Hino, biasanya terdapat 2 filter saringan yang diletakkan secara jangkap atau didobel.

Posisi Intake di Medium Bus.
 
posisi intake di medium bus
ISUZU NQR 71
VENTURA by MORODADI PRIMA
Penggemar bis sekarang memilih-milih bus. Padahal bus dari berukuran microbus, medium bus, big bus, dan big bus maxi itu semua dari keluarga bus. Bus kecil atau bus tanggung yang biasa disebut medium memiliki letak mesin di atas rangka panel roda depan dan berposisi di samping kiri bagian belakang sopir. Posisi letak Intake nya tiap merk bus berbeda lokasi, Mitsubishi FE 84G BC memiliki posisi intake tepat persis di belakang sopir (dibelakangnya roda depan) atau sebelah kanan yang memiliki bekal mesin 136 ps dan bentuk intake mirip dengan series Mitsubishi Colt Diesel Canter truk. Hino FB 130 terdapat di bagian kiri mesin dibelakang ban depan atau persis kata dibagian kiri (mirip dengan bus eropa). Sedangkan Isuzu NQR77 posisi intake nya terdapat di kanan, sedang Isuzu GIGA FRR 190Q ukuran tanggung posisi intake nya sama dengan NQR yang berada di kanan.

Posisi intake di Big Bus.

Intake di Big Bus ada 2 sisi.
Intake Kanan.
posisi di Hino AK
Hino A215
MAX by Tentrem
Posisi intake Hino R260

Intake kanan biasanya dimiliki oleh bus pabrikan Jepang, seperti Hino. Kadangkala pabrikan Eropa (Germany) spt Mercedes-Benz. Letaknya pun sama, hanyasaja produk Hino menampilkan produk mesin depan. Letaknya jika belum menggunakan body, letak intake A215 berada di belakang sopir dan terletak tinggi menghadap ke samping menjorok sedikit kekanan untuk memudahkan perawatan. Sedangkan mesin belakang ada RK dan RN, untuk apa juga harus berdebat kalo tipenya didepan mata itu benar. Jika melihat RK, melihatnya dengan melihat posisi intake, kemudian lanjutkan menuju velg roda, jika velg menunjukkan 8 baut, ada kemungkinan itu RG, dan RK dengan posisi Overhang panjang kedepan. Sedangkan melihat RN gak harus mengolong ke bawah, cukup lihat velg, panjang overhang, dan posisi intake dikanan.
Untuk Mercy seri lawas pun masih sama. Mercedes-Benz OH 1518, OH 1521 Intercooler, OH 1525 memiliki intake yang berada di kanan. Posisinya terlihat di kiri, namun ujung dari intake nya ternyata diletakkan di kanan.

Intake Kiri.
posisi intake Mercedes-Benz OH 1526
Mercedes-Benz OH 1526

Intake kiri biasanya dimiliki oleh bus pabrikan Eropa, seperti Scania, Volvo, MAN, dan Mercedes-Benz. Untuk Scania K-series, sejauh ini hanya ditemukan intake kiri. Untuk Volvo, dan MAN belum ada jawaban. Untuk Mercedes-Benz, seri OH 1526, OH 1626, OH 1830, OC500RF (O500R) 1836, dan OC500RF 2542 itu intake kanan. Saat ini yang cuma terdeteksi hanya OH 1526 dan OH 1626 yang nyata berada di kiri letaknya, sedangkan seri diatasnya susah untuk melihat posisi intake nya karena letaknya mungkin berbeda.

Tips : (Mercedes-Benz OC500RF 1836).
Untuk Mercedes-Benz series 1836, itu kode bus bukan OH, tetapi masuk di keluarga OC500RF. Untuk penamaannya sendiri di Indonesia masih banyak pertanyaan, apakah O500R, atau OC500RF. Dari beberapa data yang dihimpun, series O500R itu merupakan bus chassis Mercedes-Benz buatan Brazil, namun ternyata di Brazil sendiri menggunakan kode sama dari Germany, yaitu OC500RF.
Jadi boleh dikatakan O500R, atau OC500RF, karena masih masuk keluarga OC500RF.

Sekian.
Selamat Membaca..... 

1 komentar: